Headlines News :
Home » » Model-Model Administrasi Publik Sampai dengan Tahun 1970-an

Model-Model Administrasi Publik Sampai dengan Tahun 1970-an

Ditulis Oleh: Unknown Pada Sunday, June 24, 2012 | 11:58 AM

Administrasi merupakan proses kerjasama yang dilakukan dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Administrasi publik dewasa ini semakin berkembang dari jaman ke jaman, sehingga berikut ini merupakan model-modela administrasi publik sampai dengan tahun 1970-an, diantaranya adalah:

1. Model Klasik
Model birokrasi publik (tipe ideal Weber), yang selanjutnya memiliki dua (dua) komponen dasar, yaitu kerangka organisasi dan cara-cara yang digunakan untuk mengatur orang-orang dalam organisasi. Dalam model ini, struktur dan manajemen sangat berhubungan erat yang tidak dapat dipisahkan. Nilai-nilai yang dimaksimumkan adalah sfisien dan efektif.

2. Model Neobirokrasi
Model Neobirokrasi adalah model yang dikembangkan berdasarkan teori perilaku. Dikatakan neobirokrasi karena yang diperjuangkan dalam model ini adalah nila-nilai seperti yang diperjuangkan model birokrasi klasik. Perbedaan antara Birokrasi Neobirokrasi dan Model Birokrasi Klasik adalah, perhatian yang besar tehadap perilaku pengambilan keputusan.

3. Model Institusi
Model Institusi deikembangkan berdasarkan hasil pemikiran ahli sosial antara tahun 1940-an sampai dengan tahun 1960-an. Para ahli dari kelompok institusi menaruh perhatian yang lebih besar pada perilaku birokrasi dan menunjukkan betapa kompleksnya sistem pengambilan keputusan dalam birokrasi. Model ini sangat menekankan studi empiris/penelitian bidang administrasi.

4. Model Hubungan Kemanusiaan
Model hubungan kemanusiaan merupakan reaksi tehadap model birokrasi klasik dan model neobirokrasi. Menurut pandangan mereka penekanan atas pengendalian, struktur, efisiensi, ekonomi dan rasionalitas dalam teori birokrasi, sesungguhnya mempunyai konsekuensi dan berkembangnya hubungan-hubungan kemanusiaan.

5. Model Pilihan Publik
Model pilihan publik pada dasarnya hasil perkembangan dari ilmu ekonomi politik modern, yang dikenal sebagai ilmu ekonomi nonpasar. Model pilihan publik berasumsi bahwa pwnyadiaan barang-barang dan pelayanan publik bergantung kepada keputusan-keputusan yang diambil oleh kelompok-kelompok pengambilan keputusan yang berbeda-beda, dan kelayakan politik masing-masing usaha kolektif tergantung pada serangkaian keputusan yang menguntungkan dalam semua struktur keputusan pokok sepanjang waktu.
Share this article :

0 comments:

Tinggalkan Komentar

Bila anda berkomentar, dimohon untuk tidak menempelkan LINK.... ! Terimakasih Atas Kerjasamanya.

 
@PAKPAK MEDIA | Template Created by Creating Website Proudly powered by Blogger