Headlines News :
Home » » Cara Mengatasi Laptop Lambat Loading

Cara Mengatasi Laptop Lambat Loading

Ditulis Oleh: Unknown Pada Saturday, November 3, 2012 | 7:32 PM

Masalah yang sering dihadapi para pengguna Laptop adalah Lambat Loading. Masalah ini merupakan masalah yang sudah sering terjadi dan bahkan hampir semua orang yang memiliki Laptop mengalami masalah ini. Hal ini juga merupakan hal yang biasa, karna kapasitas laptop kita mungkin sudah melampaui batas atau kapasitas Laptop kita.

Kali ini kami coba berbagi ilmu berdasarkan pengalaman dan pengetahuan dari berbagai artikel dan buku yang kami baca. Cara Mengatasi Laptop Lambat Loading ini kami posting sebagai bentuk rasa berbagi masalah. Karna masalah yang sobat alami juga sama seperti yang pernah kami alami sebelumnya. Sedikitnya ada 10 Cara Mengatasi Laptop Lambat Loading, namun kesemua itu bisa benar, dan bisa tidak.

Namun ada baiknya kita mencoba tidak mengapa, daripada mengapa tidak mencoba. Berikut ini kami sampaikan Cara Mengatasi Laptop Lambat Loading, dan semoga saja masalah Laptop anda dapat teratasi sehingga anda dapat menggunakannya dengan baik dan tidak ada masalah.

1. Laptop Lambat mungkin karena kurang memory.
RAM yang terdapat/terpasang pada Laptop anda mungkin sudah tidak memadai lagi untuk menyimpan/memproses data-data anda sehingga Laptop sering lambat. Untuk itu, coba sobat cek kapasitas memory yang terbatas pada Laptop sobat. Apakan masih sesuai dengan kapasitas Laptop dengan data-data anda yang tersimpan? Untuk komputer sekelas Intel Pentium 4 dengan OS Windows XP dan aplikasi standar sebaiknya upgrade-lah memory menjadi minimal 1 GB.

2.Laptop Lambat akibat banyak program yang terinstal
Kita mungkin lupa, ternya banyak program yang kita instal tetapi jarang untuk digunakan. Pengalaman ini merupakan pengalam pribadi yang pernah saya lalukan menginstal banyak program, tetapi lupa untuk digunakan. Untuk itu, cobalah periksa program apa saja yang terinstall dilaptop dengan cara klik Add/Remove Program di Control Panel dan un-install program-program yang hanya menjadi "accesories" tersebut.

3. Laptop Lambat mungkin terlalu banyak startup programs dan service yang berjalan
Untuk menonaktifkan startup program dan service yang berjalan otomatis tersebut, masuklah ke "System Configuration Utility" dengan cara ketik: msconfig pada menu run, kemudian pada tabservice dan startup lakukan uncheck terhadap aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan. Untuk melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan, kita bisa menggunakan tool Prosesexplorer. Dengan tool ini kita dapat melihat dan menonaktifkan (kill) aplikasi apa saja yang tidak diperlukan atau dicurigai sebagai virus.

4. Laptop Lambat karena Temporary File yang sudah bengkak
Penyebab Laptop Lambat yang ke empat adalah sudah membengkaknya file-file temporary(sementara). Untuk Windows Xp lokasi file tersebut ada di:"C:\Documents and Settings\nama_user\Local Settings\Temp" dan"C:\WINDOWS\Temp". Untuk membersihkannya, delete-lah file-file yang terdapat di kedua lokasi tersebut atau jalankan program Disk CleanUp dengan cara klik start-run, ketik: "cleanmgr" lalu pilih drive yang akan di-cleanup.

5. Laptop Lambat karena terlalu banyak program yang berfungsi sebagai "security program"
Untuk masalah security windows, yang terpenting adalah lakukan update, aktifkan firewall dan gunakan antivirus yang tidak membebani komputer seperti misalnya PCMAV Antivirus serta berhati-hatilah ketika menggunakan USB Flashdisk / Memory Card.

6. Laptop Lambat karena hardisk
Cara mengatasi Laptop Lambat karena masalah pada hardisk diatas adalah:
- upgrade kapasitas hardisk dengan menambah atau ganti hardisk
- lakukan defragmenter pada hardisk secara berkala
- hindarkan hardisk dari debu, goncangan dan panas berlebih.
- perbaiki kerusakan pada hardisk dengan tool checkdisk.

7. Laptop Lambat karena adanya virus, malware atau spyware pada komputer.
Apabila Laptop kita sudah terlebih dahulu terserang virus atau malware, maka sebaiknya jalankan Windows Safe Mode, matikan fasilitas system restore dan gunakanlah program Virus Cleaner seperti misalnya Norman Malware Cleaner untuk membersihkan virus atau malware tersebut dan lakukan pula update pada sistem operasi.

8. Laptop Lambat karena System Files ada yang corrupt atau bahkan hilang.
Biasanya terjadi setelah Laptop terinfeksi virus dan file-file yang terinfeksi tersebut terlanjur rusak atau terdelete oleh antivirus. Solusi yang paling gampang adalah dengan merepair sistem operasi yang digunakan.

9. Laptop Lambat karena masalah hardware overheat.
Hardware overheat baik itu terjadi pada hardisk, vga card, processor atau cpu secara umum bisa menyebabkan menurunnya kinerja Laptop yang pada akhirnya komputer menjadi hang, lambat atau bahkan sering restart. Untuk itu pastikan sirkulasi udara pada bagian dalam CPU berjalan dengan baik begitu juga pada fan (kipas angin) harus bersih dari debu dan dapat berputar dengan lancar.

10. Lamptop Lambat karena adanya masalah konektifitas pada jaringan / network
Hal ini bisa terjadi karena trafic jaringan yang tinggi, hub atau switch yang hang atau adanya virus yang mencoba masuk ke sistem Laptop kita. Untuk mengatasinya, coba lepas dan pasangkan kembali konektor RJ45 pada LAN Card atau Roset LAN, restart Switch / hub dan gunakan program Port scanner untuk melihat packet data apa saja yang masuk dan keluar dari komputer kita. Selamat Mencoba, semoga berhasil. Salam Sahabat.
Share this article :

1 comment:

  1. terimakasi infonya gan..
    gan mau tanya, sebelumnya saya pake windows 8 pro di toshiba satalite L645 tapi makin lama makin berat jalan windowsnya.. trus saya instal ulang dengan windows yang sama malah makin berat gan trus saya instal pake windows 7 sama juga gan malah tidak mau kelihatan dekstopnya... kenapa bisa begitu gan.
    terimakasi sebelumnya, mohon bantuannya gan.. :-)

    ReplyDelete

 
@PAKPAK MEDIA | Template Created by Creating Website Proudly powered by Blogger