Headlines News :
Home » » Tentang Suku Pakpak

Tentang Suku Pakpak

Ditulis Oleh: Unknown Pada Thursday, October 4, 2012 | 7:59 PM

Suku Pakpak merupakan salah satu suku bangsa yang terdapat Indonesi. Suku Pakpak kebanyakan yang berdomisili di Pulau Sumatera dan tersebar di beberapa kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara. Daerah yang banyak dihuni masyarakat Pakpak adalah Daerah Kabupaten Pakpak Bharat.
Selain itu, Suku Pakpak juga terdapat di beberapa daerah di seluruh indonesia, namun yang paling banyak dijumpai adalah, di Provinsi Sumatera Utara dan Aceh yaitu, di Kabupaten Dairi, Kabupaten Pakpak Bharat, Kabupaten Humbang Hasundutan, Tapanuli Tengah (Sumatera Utara), Kabupaten Aceh Singkil dan Kota Subulussalam (Provinsi Aceh)
Suku Pakpak terdiri atas 5 subsuku, dalam istilah yang sering disebut warga pakpak (para nenek moyang terdahulu) dengan sebutan Pakpak Silima suak yang terdiri dari:
  1. Pakpak Simsim (Kabupaten Pakpak Bharat Sumatera Utara) Pakpak simsim terdapat di Kabupaten Pakpak Bharat, ibukoat Salak.
  2. Pakpak Klasen (Kabupaten Humbang Hasundutan dan Tapanuli Tengah Sumatera Utara)
  3. Pakpak Boang (Kabupaten Singil dan kota Sabulusalam-Aceh)
  4. Pakpak Pegagan (Kabupaten Dairi Sumatera Utara)
  5. Pakpak Keppas (Kabupaten Dairi Sumatera Utara)
Dari segi administrasi, Pemerintahan Suku Pakpak banyak yang bermukim di Kabupaten Dairi Provinsi Sumatera Utara, yang kemudian dimekarkan pada tahun 2003 silam menjadi dua kabupaten, yakni:
  1. Kabupaten Dairi (Sebagai Kabupaten induk dengan ibu kota: Sidikalang) dan
  2. Kabupaten Pakpak Bharat (dengan ibu kota: Salak)
Suku Pakpak juga berdomisili di wilayah Parlilitan yang masuknya wilayah ke Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dan wilayah Manduamas yang merupakan bagian dari Kabupaten Tapanuli Tengah. Suku Pakpak yang tinggal di wilayah tersebut menamakan diri sebagai Pakpak Klasen.
Suku Pakpak juga bermukim di wilayah Aceh khususnya di Kabupaten Aceh Singkil dan kota Sabulusalam yang disebut sebagai Pakpak Boang.
Suku Pakpak yang berdiam di Kabupaten Pakpak Bharat adalah Pakpak Simsim, sedangkan yang tinggal di kota Sidikalang dan sekitarnya merupakan suku Pakpak Keppas dan yang bermukim di Sumbul sekitarnya adalah Pakpak Pegagan.
Suku bangsa Pakpak mendiami bagian Utara, Barat Laut Danau Toba sampai perbatasan Sumatera Utara dengan provinsi Aceh (selatan). Suku Pakpak kemungkinan besar berasal dari keturunan tentara kerajaan Chola di India yang menyerang kerajaan Sriwijaya pada abad 11 Masehi.
Share this article :

1 comment:

 
@PAKPAK MEDIA | Template Created by Creating Website Proudly powered by Blogger