Headlines News :
Home » , , , » Manfaat Gambir Bagi Kesehatan Suku Pakpak

Manfaat Gambir Bagi Kesehatan Suku Pakpak

Ditulis Oleh: Unknown Pada Tuesday, June 4, 2013 | 9:45 PM

Manfaat Gambir : Manfaat getah Gambir yang selama ini kita dengar adalah untuk menyirih bagi para orang tua. Namun dibalik itu, getah gambir juga mempunyai manfaat lain, khususnya bagi kesehatan tubuh. Bagi Suku Pakpak, tamanam gambir merupakan salah satu komoditi unggulan pertanian di Kabupaten Pakpak Bharat Provinsi Sumatera Utara.

Masyarakat Suku Pakpak meyakini bahwa, getah gambir dapat menyambuhkan berbagai penyakit. Salah satunya adalah untuk pengobatan Sakit Perut, baik untuk anak-anak, maupun untuk orang dewasa. Bagi suku Pakpak, pengobata tradisional ini sudah dipercaya sejak ratusan tahun yang lalu, dimana manfaat gambir tersebut benar-benar dapat menyembuhkan sakit perut, dan sudah dibuktikan.

Cara pemakaiannya sangat mudah, cukup disedu dengan air hangat hingga mencair lalu diminum. Atau bisa juga dimakan tanpa menyedu dengan air, tergantung pada selera si pemakai. Selain dapat menyembuhkan sakit perut, manfaat gambir juga dipercaya suku pakpak untuk menguatkan gusi (gigi). Hal ini cukup terbukti, dimana setiap orang tua (masyarakat suku pakpak) yang menyirih, giginya masih terlihat utuh dan kuat hingga usia mereka sampai 70-an tahun.

Sehingga, setiap masyarakat suku pakpak selalu menyediakan gambir di dalam rumah untuk pengobatan, pertolongan pertama bila ada anggota keluarga yang sakit perut. Manfaat gambir ini tentunya layak untuk dicoba dan di buktikan, demi kesehatan anggota keluarga anda. Selamat Mencoba.
Share this article :

0 comments:

Tinggalkan Komentar

Bila anda berkomentar, dimohon untuk tidak menempelkan LINK.... ! Terimakasih Atas Kerjasamanya.

 
@PAKPAK MEDIA | Template Created by Creating Website Proudly powered by Blogger