Headlines News :
Home » , » Ekowisata Sebagai Fokus Perencanaan dan Menyelamatkan Hutan

Ekowisata Sebagai Fokus Perencanaan dan Menyelamatkan Hutan

Ditulis Oleh: Unknown Pada Friday, May 31, 2013 | 12:26 AM

Ekowisata merupakan salah satu bentuk kegiatan khusus. Bentuk yang khusus tersebut menjadikan ekowisata sering diposisikan sebagai lawan dari wisata massal. Sebenarnya yang lebih membedakan dari wisata massal adalah karakteristik produk dan massal. Perbedaan ini tentu berimplikasi pada kebutuhan perencanaan dan pengelolaan yang tipikal (khas).

Berbeda dengan wisata konservasi, ekowisata merupakan kegiatan wisata yang menaruh perhatian yang sangat besar terhadap kelestarian sumberdaya pariwisata. Pengelolaan ekowisata merupakan pekerjaan yang tidak mudah untuk dilakukan. Karna pengelolaan ekowisata identik dengan pelestarian lingkungan, alam, dan hutan yang masih alami.

Hutan merupakan salah satu lokasi yang kerap dikelola menjadi kawasan ekowisata, sehingga tidak dapat dipungkiri lagi bahwa, dalam pengelolaan ekowisata harus di dasarkan pada peraturan perundangan yang mengatur tentang pengelolaan ekowisata yang diatur dalam Permendagri Nomor. 33 Tahun 2009 tentang Pedoman Pengembangan Ekowisata di Daerah.

Dalam Permendagri tersebut pada Pasal 1 berbunyi : Ekowisata adalah kegiatan wisata alam di daerah yang bertanggungjawab dengan memperhatikan unsur pendidikan, pemahaman, dan dukungan terhadap usaha-usaha konservasi sumberdaya alam, serta peningkatan pendapatan masyarakat lokal.

Pengelolaan ekowisata di daerah menurut peraturan tersebut lebih mengutamakan peningkatan pendapatan masyarakat lokal. Yang berarti, masyarakat diberi hak kelola untuk mengelola kawasan ekowisata dengan mengutamakan konservasi dan ilmu pengetahuan. Dengan adanya pengelolaan ini, diharapakan agar bumi dapat diselamatkan melalui kegiatan pemeliharaan dan perlindungan hutan.

Share this article :

0 comments:

Tinggalkan Komentar

Bila anda berkomentar, dimohon untuk tidak menempelkan LINK.... ! Terimakasih Atas Kerjasamanya.

 
@PAKPAK MEDIA | Template Created by Creating Website Proudly powered by Blogger